FFI 2016 Digelar Saat Masyarakat Mencintai Film Indonesia

Lukman Sardi ffi


POSFILM.COM – Perkembangan film Indonesia saat ini sangat bagus. Terbukti dengan meningkatnya animo masyarakat untuk menonton. Kondisi ini merupakan momentum yang tepat dalam pelaksanaan Festival Film Indonesia.

Hal itu disampaikan aktor sekaligus sutradara Lukman selaku Ketua Panitia Pelaksana FFI 2016, di Jakarta, Kamis (21/7/2016). “Momentum ini yang ingin kami masukkan di FFI, bahwa industri film sedang berkembang, bagaimana kita menjaganya,” katanya.

Perkembangan film Indonesia menurut Lukman sangat bagus. “Dari data yang ada, sekarang sudah ada tujuh film yang sampai satu juta penonton. Belum pernah terjadi sebelumnya. Ini yang harus kita jaga,” paparnya.
Peluncuran FFI 2016 akan dimulai pada Agustus 2016 mendatang ditandai dengan pemutaran perdana film klasik Tiga Dara produksi tahun 1956 yang direstorasi dalam format 4K digital.

Sedangkan penganugerahan Piala Citra yang merupakan lambang supremasi untuk film dan insan perfilman terbaik digelar pada puncak malam penghargaan FFI pada November 2016.

Panitia FFI 2016 berencana menambahkan dua kategori tambahan dalam ajang penghargaan untuk perfilman Indonesia itu. “Kategori akan ditambah yakni soundtrack dan kami lagi mencoba membuat kategori Best ASEAN Movie. Ini hal baik memiliki networking untuk internasional,” ujar Lukman.

Namun, khusus untuk kategori Best ASEAN Movie masih perlu membicarakannya lebih lanjut dengan berbagai pihak, termasuk mengundang pihak dari institusi film Australia untuk berbagi pengalaman.

Selain kategori yang telah ada, tahun ini ada lima jenis film yang dikompetisikan yakni Film Bioskop, Film Pendek, Film Animasi Pendek, Film Dokumenter Panjang dan Film Dokumenter Pendek.

Untuk memilih para juara, FFI 2016 menunjuk dewan juri di antaranya Lukman Sardi, Robby Ertanto, Olga Lydia, Reza Rahadian, Ade Kusumaningrum, dan Wulan Guritno. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *