Dikenakan Pasal 292 KUHP Saipul Jamil Divonis 3 Tahun Penjara

Saipul Jamil-foto Lopinta-PF-06 2016-5

POSFILM.COM – Pedangdut Saipul Jamil divonis tiga tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas kasus pencabulan pada anak dibawah umur bernama DS (17).

Hal ini disampaikan langsung oleh Hakim Ketua Iva Sudewi dalam sidang yang digelar pada Selasa (14/6/2016).

“Pidana penjara yang dijatuhkan telah memenuhi keadilan sosial, keadilan hukum dan keadilan mayarakat yakni dari pasal 292 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, ketentuan KUHAP, serta ketentuan lainnya,” jelas Hakim Ketua Iva Sudewi.

Persidangan ini menyatakan bahwa Saipul Jamil telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah karena melakukan tindak pidana cabul kepada korban yang belum dewasa. Itu sebab, Saipul dijatuhi hukuman pidana kurungan penjara tiga tahun lamanya.

Pengadilan juga menetapkan total masa penahanan yang selama ini dijalani Saipul sejak ditangkap di rumahnya pada Kamis (18/2/2016) hingga hari ini, akan dikurangkan seluruhnya dari sanksi pidana yang dijatuhkan.

 

Saipul Jamil-foto Lopinta-PF-06 2016-3
Saipul Jamil saat mengikuti persidangan di PN Jakarta Utara, Selasa (14/6/2016) /foto: Lopinta-PF

Untuk itu, hingga kini dan seterusnya, Saipul masih harus menjalani masa tahanannya. Selanjutnya, alat bukti berupa pakaian, seprai dan sebagainya, akan dirampas pengadilan untuk kemudian dimusnahkan. Saipul pun dibebankan biaya perkara sebesar lima ribu rupiah.

Sebelumnya, diberitakan Saipul dituntut tujuh tahun penjara dan denda sebesar seratus juta rupiah oleh Jaksa Penuntut Umum. Ancaman tersebut berdasarkan salah satu alternatif dakwaan, yakni pasal 82 UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang maksimal hukuman penjara 15 tahun.

Jaksa Penuntut Umum menilai Saipul berkelakuan baik selama persidangan. Sehingga, menjadikan Saipul hanya dituntut tujuh tahun penjara dan denda 100 juta rupiah.

Namun, dalam persidangan, Hakim ketua Iva Sudewi menyatakan ancaman yang dikenakan pada Saipul lebih didasari Pasal 292 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal 292 KUHP sendiri berbunyi “Orang dewasa yang melakukan perbuatan cabul, dengan orang lain sesama kelamin, yang diketahuinya atau sepatutnya harus diduganya belum dewasa, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun.”

Meski begitu, vonis tiga tahun penjara terhadap Saipul Jamil masih belum inkracht (berkekuatan hukum tetap). Sebab, pihak Saipul masih mengajukan ‘pikir-pikir dahulu’ terhadap putusan tersebut.

Masa pikir-pikir itu mulai berjalan sejak hari ini hingga tujuh hari ke depan.[]

 

Berita Terkait :

Divonis 3 tahun penjara Saipul Jamil dan kuasa hukum naik banding

Vonis 3 tahun penjara Saipul Jamil hibur diri bernyanyi ceria

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *