Ben-Hur (2016) : Pembalasan Pangeran yang Terkhianati

Ben Hur 2016-pf-06-HL

POSFILM.COM – Sebuah film bertajuk Ben-Hur akan diluncurkan pada pertengahan Agustus mendatang.

Film garapan Timur Bekmambetov ini merupakan film sejarah yang diadaptasi dari novel berjudul “Ben Hur : A Tale of  Christ” karya Lew Wallace.

Ben Hur sendiri merupakan remake dari film berjudul sama yang telah rilis pada tahun 1959 lalu.

Kisahnya seputar seorang pangeran bernama Judah Ben-Hur (Jack Huston) yang dikhianati oleh saudara tirinya, Messala (Toby Kebbel) yang hanyalah seorang tentara Romawi. Akibat dari pengkhianatan tersebut, Judah harus terpisah dari keluarganya dan wanita yang dikasihinya, bahkan sang pangeran dipaksa untuk menjadi budak. Setelah bertahun-tahun hidup di pinggiran pantai, Judah pun kembali ke kampung halamannya untuk membalaskan dendam.

BEN HUR

Berhubung film ini merupakan remake dari film yang berjudul sama, maka bisa dipastikan baik film yang lampau dan masa kini akan selalu diperbandingkan.

Di masanya dahulu, Ben-Hur merupakan film yang menandai masa keemasan perfilman Hollywood. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi sebuah film remake, mengingat pencapaian yang berhasil dicapai sebelumnya. Maka Paramount dan MGM Pictures selaku rumah produksi boleh dibilang cukup berani menerima tantangan tersebut.

Film ini sendiri dijanjikan akan berpegang teguh pada pakem-pakem yang ada, baik itu berdasarkan film terdahulu maupun berdasarkan buku novelnya. Benang merah jalinan ceritanya sendiri tak akan jauh berbeda dari kedua pakem tersebut.

Sementara di masanya dulu Ben-Hur termasuk dalam fim dengan sinematik gagah di masanya, maka bisa dibilang film versi teranyarnya ini akan lebih penuh tantangan untuk menghadirkan adegan yang akan menampilkan banyak pemandangan alam, settingan di masa itu hingga adegan paling ikonik dari Ben-Hur sebelumnya, yakni tenggelamnya sebuah kapal yang disebabkan oleh perang, selayaknya yang ditampilkan di film sebelumnya.

Yang lebih menarik adalah melihat bagaimana nantinya Ben-Hur masa kini ini akan coba dikemas. Mengingat berangkat sebagai film remake yang amat populer di masanya, maka ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi dalam proses pembuatannya. Di satu sisi, akan ada kemungkinan bahwa filmnya akan dibuat semirip mungkin dengan versi orisinilnya, demi mengikuti kesuksesan film sebelumnya. Namun, bila hal itu terjadi, maka film ini harus bersiap dicap kurang kreatif mengingat tak ada perbedaan mendasar dengan kisah sebelumnya.

Sebetulnya, film ini bukanlah yang pertama mengemas kembali kisah film zaman Romawi ke dalam teknologi yang lebih canggih. Film God of Egypt merupakan salah satu contoh film masa kini yang mencoba menyajikan kembali kisah lama dengan formula teknologi modern yang dikawinkan dengan cerita klasik.

Ben-Hur sepertinya masih mencoba untuk berpegang pada sentuhan lama dengan menghadirkan efek-efek yang tidak begitu berlebihan sehingga terlihat lebih realistis dibandingkan God of Egypt yang terlalu banyak dempulan teknologi sehingga terasa kurang natural.

Kabarnya, film ini akan dibintangi bintang-bintang kenamaan seperti  Jack Huston, Haluk Bilgier, Toby Kebbell, Pilou Asbaek, Yasen Atour, Marwan Kenzari, Rodrigo Santoro, Moises Rias dan Nazanin Boniadi. Dan akan tayang pada 12 Agustus 2016 mendatang.[Lopinta/pf]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *