“Banteng Musik Festival, Kiat PDIP Rangkul Kawula Muda”

Banteng Musik festival-foto Lopinta-PF-05 2016

POSFILM.COM – Usia boleh bertambah tua, namun jiwa tetaplah muda. Hal ini tampaknya yang coba dipertahankan oleh Partai Demokasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) melalui gelaran festival musik khusus muda-mudi tanah air.

Memperingati 43 tahun berdirinya partai yang diketuai Megawati Soekarnoputri ini mengadakan pagelaran musik bertajuk “Benteng Musik Festival 2016” (BMF) tingkat nasional.

“Acara ini merupakan wujud kedekatan PDIP dengan dunia anak muda,” ujar Yuke Yurike selaku Ketua Panitia pada POSFILM saat ditemui disela-sela acara “12 Besar Benteng Merah Festival 2016” di JK7 Cafe, Hotel Arion Swiss Bell Kemang, Jakarta Selatan pada Sabtu (28/5/2016).

BMF 2016 ini pertama kalinya diadakan oleh PDIP sebagai rangkaian dari program-program yang diselenggarakan dalam perayaan HUT PDIP.

Untuk program BMF 2016, para peserta terdiri dari band yang beranggotakan pemuda-pemudi berusia di bawah 30 tahun. Para peserta sendiri telah mengikuti seleksi sejak tingkat kota/kabupaten hingga tingkat nasional.

Uniknya, tak sekedar manggung, lagu-lagu yang dibawakan juga bertemakan nasionalisme milik Rodinda Band seperti Bung Karno Bapak Bangsa, Vivere Pericoloso, Gemah Ripah Loh Jinawi, Point of No Return dan satu buah lagu bebas. Sehingga boleh dibilang hal ini merepresentasikan para pemuda-pemudi pecinta partai benteng merah bahwa gaya boleh anak band, tapi hati tetap cinta tanah air.

Puncak acara BMF 2016 akan berakhir pada 6 Juni, bertepatan dengan kelahiran Bapak Proklamator Soekarno serta berdekatan dengan Hari Pancasila yang jatuh pada 1 Juni. Lomba 12 besar hari ini pun sengaja digelar berdekatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 31 Mei.

“Grand finalnya memang khusus dibuat berdekatan dengan Hari Pancasila dan Harkitnas karena kita ingin menjadikan BMF wadah apresiasi semangat positif anak-anak muda,” imbuh Yuke.

Dalam lomba ini, para pemenang akan membawa pulang hadiah trofi serta uang tunai jutaan rupiah. Tak hanya itu, Yuke menambahkan selepas dari BMF 2016, para pemenang juga akan diajak meramaikan rangkaian acara-acara yang akan diadakan oleh PDIP.

Selain mendapatkan hadiah, pemenang pencarian bakat ini akan tampil pada peringatan Hari Soekarno tanggal 1 Juni mendatang di hadapan RI 1 Joko Widodo serta Megawati Soekarnoputri.

Meski baru pertama kali diadakan, rencananya lomba band seperti ini akan dijadikan agenda rutin dalam rangkaian peringatan hari jadi PDIP mendatang.[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *