Audisi Sumbar Talenta XII Goes to Croatia Telah Dibuka

Poster Sumbar Talenta XII (Dokumentasi DIATUNES MANAGEMENT)-pf

POSFILM.COM – Implementasi Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar untuk ikut membina bakat seni para generasi muda secara berketerusan dibuktikan dengan akan digelarnya kembali Sumbar Talenta, ajang audisi pencarian dan pembinaan bakat seni untuk yang keduabelas kalinya. Sumbar Talenta XII ini akan menjaring bakat-bakat seni dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Sumatera Barat.

Berkenaan dengan itu, lokasi audisi akan digelar pada beberapa daerah yang berbeda. Untuk kota Payakumbuh dan kabupaten Limapuluh Kota, akan dilakukan di kota Payakumbuh, pada tanggal 4 dan 5 Maret 2017. Untuk kota Padang dan Batusangkar akan dilakukan di kota Padang, pada tanggal 12 Maret 2017. Untuk kota Bukittinggi dan kabupaten Agam akan dilakukan di kota Bukittinggi, 18 dan 19 Maret 2017. Untuk kota Painan dan kota Solok masih dalam penjadwalan.

“Konser Sumbar Talenta XII akan jadi pertunjukan hebat, karena juga ada penampilan tari dari Afrika (Zimbabwe) dan grup band dari Aljazair. Seperti biasanya, hadiah untuk pemenang selalu ada peningkatan dari tahun ke tahun,” kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, M.Si., CA, Inspektur Khusus (Irsus) di Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia, salah seorang pendiri Sumbar Talenta, ketika diwawancarai, Jumat 17/02/2017.

Ada tujuh kategori yang diperlombakan; vokal solo, vokal grup, tari tradisional, tari modern, musik, puisi dan teater. Untuk grup, penilai dilakukan secara personal, hanya bagi personal yang melakukan registrasi pendaftaran. Bagi yang tidak, dianggap sebagai penampilan pendukung saja. Untuk fase audisi, para peserta bebas membawakan materi untuk ditampilkan.

“Kita selalu optimis, karena Sumbar Talenta punya cakupan yang luas, dan menampung kreativitas anak-anak muda dalam berbagai bidang seni. Tidak hanya bernyanyi saja, tapi juga menari, baca puisi, teater, dan bermusik. Semuanya kita kompetisikan di sini. Dan pemenang Sumbar Talenta XII akan kita siapkan untuk konser di Croatia, Eropa. Bagi yang berminat untuk ikut, pendaftaran untuk audisinya telah dibuka, dengan menghubungi Andha dinomor 08116664046, atau ke nomor Yeni HWK 081363418618,” kata Ucup Talenta, Ketua Panitia Sumbar Talenta XII.

Poster Sumbar Talenta XII. (Dokumentasi DIATUNES MANAGEMENT)
Poster Sumbar Talenta XII /Dok.DIATUNES MANAGEMENT

Adapun persyaratan yang ditetapkan panitia untuk dapat menjadi peserta audisi adalah terbuka untuk laki-laki dan perempuan yang masih berusia antara 14 hingga 25 tahun. Menyerahkan; potokopi KTP atau kartu pelajar dan foto close up warna ukuran 3R sebanyak 3 lembar, Biaya pendaftaran sebesar Rp.125 ribu, ditransfer ke rekening HWK Provinsi Sumbar dengan nomor rekening: 550020008. Untuk mengisi formulir pendaftaran, silakan diserahkan semua persyaratan beserta bukti transfer pada sekretariat panitia, di D’Layla Cafe jalan Veteran Padang, atau di Radio Arbes FM jalan Ahmad Yani No. 41 Padang.

“Sebenarnya, juara satu hingga sepuluh pada Sumbar Talenta XII ini akan kita bawa konser ke luar negeri, jika mereka loyal pada Sumbar Talenta Organization (STO). Karena semua pemenang akan langsung masuk STO, dan berhak menyandang gelar Talenta. Dan di STO mereka akan dilatih hingga menguasai semua bakat dari kategori lomba ini dengan satu bakat yang menonjol, agar bisa ditampilkan di luar negeri. Untuk pembinaan, STO menghadirkan tenaga profesional dan juga dari akademisi S2 yang berkompeten, untuk melatih para talenta. Alhamdulillah, Sumbar Talenta sudah melahirkan artis-artis tingkat nasional, seperti Nindy, Ricky Cuaca, dan lainnya,” kata Ferdi Talenta, Steering Commite dan Sekretaris Sumbar Talenta XII.

Sumbar Talenta Organization sebagai pelaksana ajang audisi ini sudah mempersiapkan hadiah menarik bagi para pemenangnya. Untuk juara I diberikan hadiah uang tunai Rp.5.000.000,- + hadiah sponsor + piala dari Kemenpora + sertifikat + konser ke Croatia – Eropa. Untuk Juara II diberikan hadiah uang tunai Rp.2.500.000,- + hadiah sponsor + piala + sertifikat + konser ke luar negeri. Juara III akan diberikan uang tunai Rp.1.500.000,- + hadiah sponsor + piala + sertifikat + konser ke luar negeri. Dan bagi 7 Grand Finalis akan mendapatkan uang tunai Rp.500.000,- + hadiah sponsor + sertifikat.

“HWK Sumbar punya banyak program, baik di bidang ekonomi, sosial dan lainnya. Sumbar Talenta ini, adalah program pembinaan bakat seni bagi generasimuda di Sumatera Barat secara berkelanjutan, yang kami kaitkan dengan pelestarian seni budaya tradisi yang ada di Sumatera Barat, serta mengenalkannya pada dunia,” kaya Yeni Zafitri, Ketua Harian HWK Sumbar. [PF/M. FADHLI]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *