Apresiasi Film Indonesia 2016 Diselenggarakan Di Manado

AFI 2016-foto didang-pf

POSFILM.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film), bersama Badan Perfilman Indonesia (BPI) serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara meluncurkan Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016.

Launching AFI 2016 ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Mendikbud Anies Baswedan dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey di kantor Kemendikbud, Jumat (10/6) pagi. Dalam launching tersebut juga sekaligus mengukuhkan Kota Manado sebagai tempat diselenggarakannya AFI 2016, pada Oktober mendatang.

Acara tersebut dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Anies Baswedan yang menaruh harapan bagi terselengaranya gelaran tahunan tersebut.

“Kita berharap nanti pada Apresiasi Film Indonesia 2016, insan perfilman dan masyarakat Sulawesi Utara dan masyarakat Indonesia pada umumnya akan bisa menyaksikan lebih dekat karya-karya yang bisa membantu dan mendorong kembalinya rasa bangga dan mengembalikan kepercayaan diri bangsa Indonesia,” kata Anies Baswedan.

Gelaran apresiasi ini, Anies menambahkan tak semata-mata melakukan penialaian dari kualitas teknik saja seperti perolehan jumlah penonton. Namun, AFI menekankan pada pengembangan komunitas film, pesan dan nilai-nilai kearifan budaya dan pembangunan karakter bangsa.

Rasa bangga juga ditunjukkan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, karena daerahnya dijadikan ajang event nasional.

”Ya, kami bangga karena dipercaya menggelar yang berskala nasional. Selama ini, Indonesia bagian Timur selalu dianggap belum siap,”ungkap Olly kepada wartawan.

Dengan digelarnya AFI 2016 di Manado, Olly berharap akan mengeliatkan bidang-bidang lainnya seperti Pariwisata, perhotelan, Kuliner dan aspek sosialnya yang berpengaruh positif terhadapa kehidupan di Manado, dan Sulawesi Utara umumnya.

”Perlahan tapi pasti bidang perfilman di Manado juga menggeliat. Selama ini kami hanya jadi penonton, satu dan dua bulan doakan kami akan produksi film. Selain produksi beberapa film mengambil lokasi syuting di Sulawesi Utara,” jelas Gubernur asal Partai Demokrasi Perjuangan (PIDP).

Panitia Penyelenggara telah menunjuk aktor senior Donny Damara menjadi Ketua Panitia Pelaksana AFI Manado 2016. Bersama tim, dirinya menyiapkan serangkaian acara jelang acara puncak. Mereka akan menggelar workshop ke beberapa kota di Indonesia seperti di Padang, Malang, Banjarmasin, Denpasar dan Makasar dengan mendatangkan narasumber profesional.

”Kami juga akan menggelar nonton bareng masyarakat.Kami ingin film nasional bisa lebih dekat dengan masyarakat,” kata Donny.

Dalam rangka mendekatkan film dan insan perfilman kepada masyarakat selain menggelar acara nonton bareng, juga aka nada pawai artis dan pameran. Sedangkan pengumuman nominasi akan diselenggarakan di Manado 23 September 2016. Dan, puncak penganugerahan AFI 2016 diselenggarakan 8 Oktober 2016. (didang/pf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *