3 Minggu di Rumah Sakit, Yon Koeswoyo Kondisinya Sudah Membaik dan Segera Pulang

Yon Koeswoyo-sakit-06 2016-pf-1

POSFILM.COM – Vokalis sekaligus pemain rhythm gitar band legendaris Koes Plus, Yon Koeswoyo sejak 23 Mei 2016 dirawat di rumah sakit Eka Hospital, Tangerang. Yon menderita penyakit infeksi paru-paru dan penyakit jantung di sebelah kiri.

Rupanya, Yon sudah lama menderita penyakit tersebut. Namun dirinya tak mau memeriksakan penyakitnya ke dokter. Hal itu diungkapkan oleh Bonita, istri Yon, Jumat (10/6/2016).

Bonita mengakui, sang suami telah lama mengidap komplikasi. Selain memiliki riwayat infeksi paru-paru dan jantung, pria 75 tahun itu juga diketahui memiliki penyakit diabetes akut.

“Dia infeksi paru-paru, terus sakit jantung di sebelah kiri dan ada penyakit lain juga seperti diabetes yang sudah parah,” ujar Bonita.

Adik ipar Yon, Iwan, mengungkapkan bahwa ada kebocoran pada paru-paru sang kakak yang mengakibatkan sesak napas. “Sekarang kondisinya Mas Yon ini sudah membaik,” kata Iwan.

“Mas Yon sendiri kalau ditanya sakit, enggak pernah jawab sakit, selalu sehat,” ujar Iwan lagi.

 

Yon Koeswoyo-sakit-06 2016-pf-2
Yon Koeswoyo di rawat di rumah sakit Eka Hospital, Tangerang

 

 

Sejauh ini, kondisi pelantun Kolam Susu itu sudah membaik dan diperkirakan akan pulang dari rumah sakit besok, dokter pun telah mengizinkan pulan bila hingga malam nati kondisi Yon semakin membaik..

“Dia sudah tiga minggu terbaring di rumah sakit. Dia makannya masih belum, karena makanan di rumah sakit enggak enak katanya. Dia pengen masakan rumah, ya jadi kita masakin,” paparnya.

Sedangkan dari pihak rumah sakit mengajurkan Yon untuk mengatur dan menjaga pola makannya. “Dia itu kan kalau nyanyi agak over ya, jadi enggak bakal mau berhenti. Makannya juga suka ngawur,” ujar Bonita lagi.

Seperti diketahui, Yon beserta Koes Plus terkahir manggung saat konser NOAH pada 19 Mei lalu di salah satu program telivisi. Kemudian dilanjutkan pada 21 Mei, tampil di Surabaya, sebelum akhirnya jatuh sakit.

Yon Koeswoyo, terlahir dengan nama Koesyono Koeswoyo, di Tuban, Jawa Timur pada 27 September 1940. Yon Koeswoyo adalah anak keenam dari sembilan bersaudara anak dari pasangan Raden Koeswoyo dan Rr. Atmini asal Tuban Jawa Timur. Urutannya adalah :

No.1. Tituk (perempuan), meninggal waktu bayi.

No.2. Koesdjono (Jon alias John Koeswoyo)

No.3. Koesdini (Dien ~ perempuan),

No.4. Koestono (Ton alias Tonny Koeswoyo),

No.5. Koesnomo (Nom alias Nomo Koeswoyo),

No.6. Koesyono (Yon alias Yon Koeswoyo),

No.7. Koesroyo (Yok alias Yok Koeswoyo),

No.8. Koestami (Miyi ~ perempuan),

No.9. Koesmiani (Ninuk ~ perempuan).

 

Masa kecil Yon dilalui di kota Tuban, Jawa Timur bersaudara saudara-saudaranya. Tahun 1952 keluarga Koeswoyo pindah ke Jakarta mengikuti mutasi Sang ayah berkarier hingga pensiun sebagai pegawai negeri di Kementrian Dalam Negeri.

Yon Koeswoyo mulai aktif bermusik sejak awal dibentuknya grup musik bersama saudara kandungnya keluarga Koeswoyo yang terkenal dan melegenda dengan nama Koes Plus.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *